2.9.15

Tips Melamar Kerja

Tips Melamar Kerja - Kerja merupakan salah satu ibadah yang jarang sekali orang menyadarinya. Kadang kita bepikir bahwa bekerja itu hanya untuk mencukupkan kehidupan dunia saja, eit itu salah besar sebab bekerja juga merupakan salah satu kewajiban dari Allah SWT. Tetapi memang ada syaratnya, yaitu dengan cara sebelum kita berangkat kerja niatkan dalam hati bahwa kita akan bekerja dalam rangka memenuhi kewajiban Allah SWT, demi memenuhi kehidupan dunia sebagai bekal ibadah kepada Allah SWT. Cari pekerjaan yang halal dan bekerja dengan ikhlas.



Ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu anda untuk melamar pekerjaan:

1. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Buat anda nyaman dengan pekerjaan yang memang anda sukai dan anda enjoy untuk melakukannya. Banyak kasus seseorang malas dan ogah-ogahan bekerja dikarenakan pekerjaan yang dia lakukan tidak dia kuasai dan tidak dia sukai.

2. Cari pekerjaan yang selaras dengan jurusan akademik anda. Sebagian perusahaan sangat detail dengan jurusan akademik yang pelamar ambil saat sekolah dan kuliah, jadi sesuaikan jurusan akademik anda dengan permintaan perusahaan, sebab apabila permintaan jurusan perusahaan tidak sesuai dengan yang kita ajukan perusahaan sering kali mengabaikan aplikasi lamaran yang kita berikan.

3. Pilih perusahaan yang sudah kompeten dan berpengalaman. Carilah perusahaan yang memang bisa memberikan anda jaminan, kehidupan yang layak, kesehatan dan jaminan hari tua. Jangan dikemudian hari anda disibukan dengan tuntutan-tuntunan demo kepada perusahaan yang tidak memberikan anda jaminan yang anda minta.

4. Waspada pada pihak-pihak yang meminta bayaran. Bersikaplah hati-hati pada perusahaan yang meminta anda untuk bayar sejumlah uang untuk masuk kerja, entah itu uang pendaftaran atau bayar biro perjalanan ke tempat tes. Semua itu bisa saja penipuan, sebab perusahaan manapun tidak akan pernah meminta bayaran pada calon pelamarnya, adapun biaya akomodasi ke tempat tes di bebankan pada pelamar masing-masing.

Jangan percaya juga pada orang-orang yang memberikan harapan dengan apabila kita membayar dengan jumlah tertentu maka kita akan lolos.

5. Selalu latih kemampuan kecerdasan akademik anda untuk menghitung dan mengerjakan soal. Banyak kasus karena telah lulus sekolah, kemampuan akademik cenderung menurun. Sehingga ketika tes masuk kerja baik itu tes psikotest dan lain-lain kita cenderung susah untuk mengerjakannya.

6. Jaga kesehatan, pola makan dan gaya hidup. Biasakan rajin olah raga teratur, makan makanan yang sehat dan gaya hidup yang positif (tidak meroko dan minum minuman beralkohol). Jangan sampai kebiasaan buruk anda tidak meloloskan anda pada saat tes kesehatan.

7. Bersikap percaya diri dan yakin pada diri sendiri. Buat pewawancara anda yakin bahwa anda layak dan mampu untuk mengisi posisi tersebut. Jangan terlihat ragu-ragu, tegas dan jelaslah ketika berbicara. Tunjukan bahwa anda memang menginginkan posisi tersebut.

8. Bekerja keras, Kerja cerdas, kerja ikhlas, jujur dan bertanggung jawab.

Mungkin sekian dulu yang bisa kita share tentang Tips Melamar Kerja, mudah-mudahan bisa memotivasi anda untuk tetap semangat berikhtiar.

Artikel Terkait

Tips Melamar Kerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar, tetapi yang ramah dan sopan ya gan!!!